Tradisi minum Teh di masyarakat
Indonesia sepertinya telah banyak menyedot perhatian dan minat dari para
franchisor tak terkecuali perusahaan dari Teh Tong Tji yang
berinisiatif untuk mengangkat kemasan menjadi minuman yang siap saji dan
siap dinikamti kapanpun dalam bentuk Waralaba Teh Tong Tji.
Faktor modal yang relative lebih murah dan sasaran pasar yang
mendukung, membuat para pemilik Franchise bersaing memberikan merek
dagangnya dengan biaya yang cukup bersaing.
Saat ini yang mengelola perusahaan berada di generasi ke 3. Teh Dua Burung merupakan perusahaan pemilik merek dagang Tong Tji, berdiri sekitar tahun 1938, boleh disebut sebagai salah satu pelopor produksi teh di daerah tegal. Merek Tong Tji saat itu belum lahir, karena baru muncul pada tahun 65-an. Kesan kuat yang muncul ke permukaan dari perusahaan ini adalah kuatnya komitmen terhadap kualitas produksi. Ketika krisis moneter terjadi saja, ketika terjadi kenaikan yang tajam pada harga bahan dasar Teh dan di sisi lain tingkat daya beli masyarakat menurun.
Di saat yang sama dimana mayoritas
perusahaan yang mengurangi mutu tehnya agar harga bisa terjangkau. Akan
tetapi hal tersebut tidak terjadi pada pada Teh Tong Tji. Kualitas tetap
jadi prioritas yang tak bisa ditawar-tawar.
Perusahaan mulai mengembangkan sayapnya,
bermula kepada Teh celup, kemudian mulaianya pengembangan kepada sebuah
counter atau gerai untuk Teh dalam kemasan gelas yang sudah siap minum.
Pada awal munculnya counter Teh tong tji
ini dengan memberikan es Teh segar secara Cuma-Cuma khususnya di
tempat-tempat yang pas dan strategis. Dan nyatanya mendapat sambutan
yang tak disangka-sangka, sehingga counter-counter penjajak teh ini
mulai menjual es teh dalam kemasan gelas dengan harga yang murah
seharga Rp.2500 per gelas.
Sejak setelah itulah teh tong tji mulai mengembangkan sayap usahanya dengan sistem Waralaba murah Teh Tong Tji. Meskipun demikian, disinilah letak komitmen pemilik Waralaba Teh Tong Tji,
dimana pihak perusahaan sangat selektif bahkan cenderung sangat sulit
untuk bisa mendapatkan waralaba merek Teh tong tji. Dengan alasan
sulitnya melakukan pengawasan terhadap kualitas Teh Tong Tji jika
perusahaan tidak selektif menentukan pihak yang ingin mendapatkan
waralab Teh Tong Tji. Maka pantas saja counter-counter yang menjual Teh
tong tji agak jarang ditemui, karena pihak perusahaan mengeluarkan
kebijakan waralaba hanya
bisa diberikan kepada orang yang memang bisa dipercaya, dan hal ini
biasanya diberikan kepada para karyawan perusahaan atau keluarga dari
karyawan.
http://www.centerwaralaba.com/2012/04/13/waralaba-teh-tong-tji/
http://www.centerwaralaba.com/2012/04/13/waralaba-teh-tong-tji/
No comments:
Post a Comment